FOKUS PEMBENTUKAN KIHT: PEMKAB SIDOARJO SINERGIKAN RENCANA DENGAN BEA CUKAI SIDOARJO

posted in: KEGIATAN | 0

 

Sidoarjo, 27/05/2021 – Dalam rangka memantapkan kelanjutan proses pembentukan KIHT – Kawasan Industri Hasil Tembakau oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Benny Airlangga SH,MM, Asisten Adm. Perekonomian dan Pembangunan beserta beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berkunjung untuk berkoordinasi dengan Pantjoro Agoeng Kepala Kantor Bea Cukai Sidoarjo pada Kamis, 27/05/2021.

Pantjoro Agoeng menyampaikan bahwa pembentukan, pengelolaan dan pengembangan KIHT harus disiapkan secara cermat, sehingga benar-benar dapat terealisasi secara efektif, bermanfaat dan tepat guna. Mengingat dasar pertimbangan pemikiran pembentuan KIHT sebagai manifestasi program/kegiatan pembinaan industri dalam konteks pemanfaatan DBHCHT adalah untuk mengatasi peredaran HT ilegal, pembinaan IKM, mengoptimalkan penggunaan DBHCHT , menumbuhkan industri pendukung, dan memudahkan pengawasan.
Benny Airlangga SH,MM, pada kesempatan tersebut memberikan informasi, bahwa sebagai langkah lanjutan terkait rencana pembentukan KIHT, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah berkomunikasi dan bersiap melakukan kegiatan studi-tiru KIHT di Kudus dalam satu bulan ke depan, guna memperoleh referensi dan gambaran yang lebih konkrit mengenai pengelolaan KIHT.
Koordinasi dan kolaborasi yang solid antara Pemerintah Daerah dan Bea Cukai sangat dibutuhkan dalam keberhasilan melaksanakan program/kegiatan terkait pemanfaatan DBHCHT pada Bidang Penegakan Hukum sebagaimana telah digariskan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

Leave a Reply