KOORDINASI ANTAR INSTANSI : BEA CUKAI SIDOARJO DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN MOJOKERTO

posted in: KEGIATAN | 0
Kamis, 11/02/2021, bertempat di Ruang Rapat Kanwil DJBC Jatim I, Kepala KPPBC TMP B Sidoarjo, Pantjoro Agoeng, menerima kedatangan Kabag Perekonomian dan SDA Kabupaten Mojokerto, Drs. Zaqqi, dan Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP, Zaki SE, MSi., untuk berkoordinasi membahas rencana pembentukan Kawasan Industri Hasil Tembakau di Mojokerto.
Dalam pertemuan tersebut Pantjoro Agoeng memberikan informasi, penjelasan dan masukan agar pembentukan Kawasan Industri Hasil Tembakau ini benar-benar dipersiapkan secara baik sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).
Berdasarkan ketentuan tersebut, alokasi penggunaan DBHCHT akan diprioritaskan untuk Kesejahteraan Masyarakat 50%, Kesehatan 25% dan Penegakan Hukum 25% yang mencakup Sosialisasi Ketentuan Cukai, Pembinaan Industri serta Pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal. Sebagai bentuk dari optimalisasi penerimaan cukai dan secara tidak langsung meningkatkan penerimaan daerah.
Selain itu pada kesempatan tersebut juga dibahas mengenai penguatan koordinasi dengan pemerintah daerah khususnya daerah Mojokerto untuk melakukan pemetaan dan mengembangkan potensi Industri Kecil Menengah (IKM) hingga berorientasi ekspor.

Leave a Reply